PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA IT MUTIARA DURI

Rince Anovasari, (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA IT MUTIARA DURI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional?” Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest -Postest Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan variabel terikat yaitu pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA IT Mutiara Duri, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang diambil sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan instrumen tes pemahaman konsep matematika. Sebelum instrumen tes diujikan, maka dilakukan terlebih dahulu uji validitas, reliabilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal. Analisis penelitian menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data dan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Pada penelitian ini, didapatkan nilai lebih besar dari (2,812 > 2,01) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (85,96 > 77,5). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan yang mengakibatkan adanya pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA IT Mutiara Duri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:21
Last Modified: 06 Jun 2016 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item