PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 TAMBANG

Petma Isdarni, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran aktif dengan metode Question Student Have dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran aktif dengan metode Question Student Have dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional?” Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design . Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran aktif dengan metode Question Student Have dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tambang sebanyak 90 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Sebelum instrumen diujikan, maka dilakukan terlebih dahulu uji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali yaitu empat kali pertemuan belajar menggunakan model pembelajaran aktif dengan metode Question Student Have dan dua pertemuan lagi dilaksanakan Pretest dan Posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji ”t” untuk sampel besar (N ≥ 30). Dari analisis data yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran aktif dengan metode Question Student Have diperoleh nilai thitung = 3,24 yang berarti lebih besar dari ttabel (t0 ˃ tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,00 ˂ 3,24 ˃ 2,65) sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran aktif dengan metode Question Student Have dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Tambang. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:19
Last Modified: 06 Jun 2016 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5153

Actions (login required)

View Item View Item