Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPANSTRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE BERKELILING SEBAGAI PEMBUKAUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Nursakina (2014) PENERAPANSTRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE BERKELILING SEBAGAI PEMBUKAUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe berkeliling sebagai pembuka pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dalam pembelajaran akidah akhlak terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya, ketika dilakukan tes tertulis sebagian siswa memperoleh nilai di bawah Kreteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan yaitu 70, yaitu dari 20 orang siswa hanya 10 orang atau 50% saja yang tuntas. Ketika diberikan pertanyaan tentang materi pelajaran sebagian siswa tidak bisa menjawab kemudian hanya 5 orang atau 25% dari 24 jumlah siswa saja yang dapat menjawab pertanyaan guru ketika dilakukan post test. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe berkeliling sebagai pembuka dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata kelas 55 dengan kategori kurang, setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata kelas 66 dengan kategori cukup. Siklus ke- II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata kelas 77 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe berkeliling dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 May 2016 15:34
Last Modified: 16 May 2016 15:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item