PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGKALAN KERINCI

Ade Widia Ningsih, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGKALAN KERINCI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Keirnci antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci semester genap tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 306 siswa yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan strategi pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan VIIIBsebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan, yang terdiri atas tiga kali pertemuan dengan menggunakan pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan satu pertemuan untuk mengadakan postes. Berdasarkan hasil analisis data, dapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci antara siswa yang diterapkan pembelajaran siklus dengan pendekatan struktural think pair share dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari uji tes-t di dapat sebesar 3,48 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,00 dan 2,65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 May 2016 00:47
Last Modified: 14 May 2016 00:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4857

Actions (login required)

View Item View Item