ETIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KANSAI PEKANBARU

Sumainah, (2014) ETIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KANSAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar di kelas ditentukan oleh beberapa komponen, di antara adalah guru. Diharapkan guru yang mengajar di kelas memiliki etika mengajar yang baik. Sebab dengan baiknya etika guru sewaktu mengajar di kelas, akan mendukung kelancaran proses pembelajaran di kelas, dan anak didik akan termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Kansai Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana etika guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Kansai Pekanbaru? 2) Apa sajakah faktor yang mempengaruhi etika guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Kansai Pekanbaru? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di sekolah Menengah Kejuruan Kansai Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah etika guru pendidikan agama islam dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Kansai Pekanbaru. Populasi penelitian adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kansai Pekanbaru yang berjumlah 5 orang. Mengingat jumlah populasi tidak banyak, maka penulis menggunakan total sampling, artinya seluruh populasi diteliti. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, obsevasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah tekhnik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisi data maka disimpulkan bahwa 1) Etika guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Kansai Pekanbaru tergolong “Baik” secara kuantitatif persentase diperoleh skor 76,62%. Baiknya etika guru dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: 1) Faktor persepsi guru yang baik tentang etika mengajar. 2) Faktor Latar belakang pendidikan guru yang mendukung 3) Faktor adanya supervisi atau pengawasan kepala sekolah dan 4) Faktor lingkungan masyarakat yang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 May 2016 00:13
Last Modified: 14 May 2016 00:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4842

Actions (login required)

View Item View Item