PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI IPA SMA N 1 SUNGAI APIT KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

Ika Sari, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI IPA SMA N 1 SUNGAI APIT KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh prestasi belajar kimia siswa SMAN 1 Sungai Apit yang diperoleh masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Apit Kabupaten Siak dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Pair Check pada pokok bahasan Koloid. Salah satu keunggulan teknik ini adalah adanya struktur yang jelas yang memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretes dan postes dengan jumlah populasi sebanyak 3 kelas yang terdiri dari kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan diterapkan model pembelajaran kooperatif Pair Check dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu asam basa, dokumentasi, observasi, pretes dan postes sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidak nya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 7,18 dan ttabel = 1,658 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata gain ternormalisasi <N GAIN> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,77 yang termasuk kategori tinggi, untuk kelas kontrol adalah 0,65 yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 19:30
Last Modified: 11 May 2016 19:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item