Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMAN 7 PEKANBARU

Yeni Nasution (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMAN 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Square (TPSq terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X SMAN 7 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji bartlet, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Square (TPSq) dan kelas X7 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu struktur atom, dokumentasi, observasi aktivitas sebagai data akhir. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,10 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,98 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk besarnya peningkatan koefesien pengaruh (Kp) adalah 0,35%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair square (TPSq) terhadap aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 19:08
Last Modified: 11 May 2016 19:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item