Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TIPE AUTHENTIC INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 134 KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU

Risky Wulandari (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TIPE AUTHENTIC INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 134 KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SDN 134 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tipe Authentic Instruction. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar murid dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar murid, sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SDN 134 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tipe Authentic Instruction. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah murid dan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 134 Kecamatan Senapelan Pekanbaru tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah murid sebanyak 29 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam deng menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning Tipe Authentic Instruction Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar murid sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar murid tergolong kurang baik dengan persentase 41.4%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan persentase 69%. Sedangkan hasil belajar murid pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan persentase 96.6% dengan kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Tipe Authentic Instruction dapat meningkatkan hasil belajar murid pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam murid Kelas V SDN 134 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 17:00
Last Modified: 11 May 2016 17:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4710

Actions (login required)

View Item View Item