PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN UNIT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH DESA GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Afriyanti Zahara, (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN UNIT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH DESA GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu dari tujuan pembelajaran matematika. Karena rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh penerapan metode pembelajran unit terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Apakah ada Perbedaan Penerapan Metode Pembelajaran Unit Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Berapa besar Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Unit Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif metode pembelajaran unit terhadap pemahaman konsep pembelajaran matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel penuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dan sampel dalam penelitian ini, kelas VII.a sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.b sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menerapkan metode pembelajaran unit dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis menggunakan tes “t”. Analisis data menunjukkan nilai thitung = 2,84 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,02 dan 2,72. Hal ini menunjukkan bahwa (2,02 < 2,84 > 2,72), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode pembelajaran unit berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar pada materi bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 16:43
Last Modified: 11 May 2016 16:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4704

Actions (login required)

View Item View Item