PENGARUH PENGGUNAAN METODE SIMULASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PASAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X MADRASAH PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Adria Selvi Nopella, (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SIMULASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PASAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X MADRASAH PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penggunaan metode simulasi (variabel bebas/independen atau variabel X) dan pemahaman siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap pemahaman siswa pada materi pasar dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang ada di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap pemahaman siswa pada materi pasar. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 46 siswa, karena jumlah populasi tidak begitu besar maka penulis mengambil semua jumlah populasi untuk dijadikan sampel, maka penelitian ini dinamakan dengan penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui angket, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Science) vesri 16.0 for windows. Berdasarkan hasil dan analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode simulasi terhadap pemahaman siswa pada materi pasar dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, dengan kontribusi penggunaan metode simulasi terhadap pemahaman siswa adalah 0,591 x 100 = 59,1% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 00:02
Last Modified: 11 May 2016 00:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4669

Actions (login required)

View Item View Item