PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI SMAN 1 RAMBAH SAMO PASIR PENGARAIAN

Susi Irma Yani Pane, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI SMAN 1 RAMBAH SAMO PASIR PENGARAIAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid masih rendah, siswa cenderung bersikap pasif, malu bertanya kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rambah Samo. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA-1, XI IPA-2, XI IPA-3 tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji bartlet dan uji varians, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Learning Start with a Question. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dari nilai N-gain ternormalisasi (N-Gain) kelas eksperimen termasuk kedalam kategori Tinggi yaitu sebesar 1,14 sedangkan di kelas kontrol termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,50. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test Related Sample. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 7,57 dan ttabel = 2,02 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 23:58
Last Modified: 10 May 2016 23:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item