Yance Ade Putra (2014) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Guru yang profesional pada intinya adalah guru yang memiliki kompetensi dalam melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Dengan komptensi yang dimiliki, selain menguasai materi dan dapat mengolah program belajar mengajar, guru juga dituntut dapat melaksanakan evaluasi dan administrasinya. Kemampuan guru dalam melakukan evaluasi merupakan kompetensi guru yang sangat penting. Evaluasi dipandang sebagai masukan yang diperoleh dari proses pembelajaran yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan berbagai komponen yang terdapat dalam suatu proses belajar mengajar. Berdasarkan dari latar belakang tersebut penulis bermaksud mengadakan penelitian yang berjudul Studi Tentang Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sman 1 Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : bagaimana kompetensi guru pendidikan agama islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 1 Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 11 Februari-27 Maret 2013 dan yang menjadi lokasi penelitian ini adalah SMAN 1 Kuantan Mudik Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian ini adalah Guru PAI. Sedangkan objek yang diteliti adalah kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kuantan Mudik. Sedangkan tekhnik pengumpulan data Observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan hasil analisis data pada pembahasan sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa kompetensi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran di SMAN 1 Kuantan Mudik ialah kurang kompeten. Dapat dilihat hasilnya sebesar 62,22% dan berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran terbagi pada tiga, yakni: 1. Faktor pendukung (faktor guru, pengalaman mengajar, keikutsertaan pelatihan pendidikan profesi guru), saranaprasarana, faktor kurikulum. 2. Faktor penghambat yaitu Faktor ekonomi (penghasilan guru).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:34 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4649 |
Actions (login required)
View Item |