Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 005 PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Dodi Hendra Saputra (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 005 PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat pada hasil evaluasi pada mata pelajaran IPA, hasil belajar siswa masih rendah di bawah Nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas IV/a SDN 005 Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui metode example non example di kelas IV/a SDN 005 Padang Luas Kecamtan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tahapan yang dilalui dalam penelitian adalah, Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, Refleksi. Hasil penelitian pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan ketuntasan 40%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I 66%, kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan 86,66% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar terjadi peningkatan berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat diketahui terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode example non example di kelas IV/a SDN 005 Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 17:17
Last Modified: 10 May 2016 17:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item