Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEKNIK TOMBOL LAMPU BELAJAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 05 PEKANBARU

Suri Indah Hayomi (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEKNIK TOMBOL LAMPU BELAJAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 05 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 05 Pekanbaru melalui penerapan teknik tombol lampu belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Teknik Tombol Lampu Belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 05 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Tombol Lampu Belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 9 orang siswa atau dengan persentase 45%, siklus I siswa yang tuntas secara keseluruhan meningkat menjadi 12 orang siswa atau dengan persentase 60%, dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 17 orang siswa atau dengan persentase 85%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Tombol Lampu Belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 05 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 17:09
Last Modified: 10 May 2016 17:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4627

Actions (login required)

View Item View Item