Dewi Anggraini (2014) PENERAPAN STRATEGI PETAK UMPET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (71kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang sudah ditetapkan sekolah yaitu 65. untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru melalui penerapan Strategi Petak Umpet Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV A. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Petak Umpet pada pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Berdasarkan hasil tes sebelum penerapan Strategi Petak Umpet, hasil belajar siswa diperoleh persentase 43,3%. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar siswa mencapai dengan persentase 60%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh angka 93,3%. Keberhasilan ini dapat tercapai dipengaruhi oleh pengunaan Strategi Petak Umpet, aktivitas siswa menjadi lebih aktif yang berarti siswa cenderung positif dalam mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan demikian maka tingkat penerimaan siswa akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 May 2016 17:08 |
Last Modified: | 10 May 2016 17:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4626 |
Actions (login required)
View Item |