Sanatang (2014) PENERAPAN STRATEGI ISU SETUJU/TIDAK SETUJU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 TELUK DALAM KECAMATAN KUALA KAMPAR KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Dalam Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi isu setuju/tidak setuju dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Dalam Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terbagi atas 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi isu setuju/tidak setuju untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 30% atau 6 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 10 orang atau ketuntasan hanya mencapai 50%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 17 orang siswa atau dengan persentase 85%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi isu setuju/tidak setuju dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Dalam Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 09 May 2016 02:42 |
Last Modified: | 09 May 2016 02:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4537 |
Actions (login required)
View Item |