Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE DOT VOTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

GustinawatI (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE DOT VOTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif tipe dot voting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe dot voting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe dot voting berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 50% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 13 orang atau ketuntasan hanya mencapai 65%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 95%. Sehingga diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe dot voting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 01:23
Last Modified: 08 May 2016 01:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item