PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 KAMPAR AIR TIRIS

Intan Lestari, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 KAMPAR AIR TIRIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kampar dengan penerapan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray). Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretest dan posttest, dengan jumlah populasi sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperiment yang diterapkan model pembelajaran kooperative TSTS (Two Stay Two Stray) dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu materi Sistem Periodik Unsur, dokumentasi, observasi, pretest dan posttest sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidaknya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,26 dan ttabel =2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82.17 dan kelas control sebesar 76,34. Dilihat dari perbedaan nilai posttest kedua kelas dapat menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gain ternomalisasi kelas eksperimen sebesar 0,756 yang termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,63 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 00:32
Last Modified: 08 May 2016 00:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4498

Actions (login required)

View Item View Item