Ayu Wahyuni (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (124kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi matematika perlu menjadi fokus perhatian dalam pembelajaran matematika, sebab melalui komunikasi, siswa dapat mengorganisasi dan mengkonsolidasi berpikir matematisnya. Dalam proses pembelajaran guru kurang memberikan suatu pembelajaran yang inovatif dan menarik, sehingga siswa terkadang merasa bosan dan jenuh dengan proses pembelajaran yang selalu seperti itu. Peneliti berharap bahwa Teknik pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik Kancing Gemerincing terhadap kemampuan komunikasi siswa SMK N 5 Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik kancing gemerincing terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa ?” Jenis penelitian ini adalah Eksperimen dan desain yang digunakan ialah Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas X SMK N 5 Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah X TKJ 1 dan X TKJ 2, dimana X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik kancing gemerincing dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Untuk melihat apakah perbedaan kemampuan komunikasi kedua kelas sama atau tidak digunakan uji-t dengan kriteria penolakan H0 adalah thitung≥ttabel. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,8373 dan pada taraf 5% dan 1% diperoleh ttabel = 2,000 dan 1,67 ini berarti 2,00 < 3,83 > 1,67. Jadi H0 ditolak dan Ha dierima. Berdasarkan analisis diatas, maka terdapat perbedaan antara kelas Ekperimen dan kelas Kontrol yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik kancing gemerincing terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas X TKJ 1 SMKN 5 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 08 May 2016 00:09 |
Last Modified: | 08 May 2016 00:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4492 |
Actions (login required)
View Item |