Aristia Jefri (2014) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATASNEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemberian penguatan guru (variabel bebas/independen atau variabel X) dan aktivitas belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pemberian Penguatan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemberian penguatan guru terhadap aktivitas belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 270 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 73 orang yang diambil secara sampling kuota. Pengumpulan data diambil melalui, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Sciences) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X sekolah menegah atas negeri 12 pekanbaru, dengan kontribusi pemberian penguatan guru terhadap aktivitas belajar siswa adalah 0.305 X 100% = 30,5% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Di mana ro (observasi) = 0,552, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,232 < 0,552> 0,302, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 May 2016 17:53 |
Last Modified: | 04 May 2016 17:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4430 |
Actions (login required)
View Item |