PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 TAMBANG

Akhlan Surya, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran mind mapping dalam pendekatan reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMPN 4 Tambang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa di SMPN 4 Tambang Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Tambang sebanyak 76 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran mind mapping dalam pendekatan reciprocal teaching. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping dalam pendekatan reciprocal teaching dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Digunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran mind mapping dalam pendekatan reciprocal teaching dengan siswa yang memperoleh dengan pembelajaran konvensional di SMPN 4 Tambang. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol, ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran mind mapping dalam pendekatan reciprocal teaching memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 4 Tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 10:05
Last Modified: 04 May 2016 10:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4354

Actions (login required)

View Item View Item