Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI SMA NEGERI 2 UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU

Dahmaya Huswatul. H. (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI SMA NEGERI 2 UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh cara pembelajaran atau metode yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran, salah satu metode agar siswa aktif dalam pembelajaran yaitu menggunakan strategi aktif Group to Group Exchange (GGE). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Ujungbatu melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Group to Group Exchange (GGE). Penelitian ini dengan rancangan pretes dan postes, dengan jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI IPA1(kontrol) berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPA2(Eksperimen) berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu asambasa, pretes dan postes sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,89 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, dimana didapatkan N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,60 yang termasuk kategori sedang dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,50 yang termasuk kategori sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 17:28
Last Modified: 03 May 2016 17:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item