PENGARUH PEMAHAMAN MATERI UANG TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI PEKANBARU

Litia Yunita, (2014) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI UANG TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi uang (variabel X) dan minat berwirausaha siswi (variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemahaman Materi Uang Terhadap Minat Berwirausaha Siswi di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi di kelas XI Jurusan Akuntansi atau AK Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah Pengaruh Pemahaman Materi Uang Terhadap Minat Berwirausaha Siswi. Populasinya adalah seluruh siswi kelas XI Jurusan Akuntansi yang berjumlah 140 siswi, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel dengan random sampling menggunakan rumus slovin maka diperoleh 58 siswi. Pengumpulan data diambil melalui tes dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linear dengan bantuan perangkat program komputer SPSS for windows versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman materi uang berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswi di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis bahwa nilai r hitung (0,390) lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikan 5% atau 1%, yaitu 0,250 < 0,390 > 0,325. t hitung 5,981 bila dibandingkan t tabel pada taraf signifikan 5%= 2,00 dan 1%= 2,65 maka t hitung > t tabel (2,00 < 5,981 > 2,65) ini berarti Ha diterima, H0 ditolak. F hitung 35,777 dengan tingkat probabilitas 0,000<0,05 sedangkan F tabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,63 dan 1% adalah 2,00 maka F hitung > F tabel(1,63 < 35,777 > 2,00), Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun besar pengaruh pemahaman materi uang terhadap minat berwirausaha siswi di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru adalah sebesar 39% (0,390 x 100%). Hal tersebut dibuktikan dari nilai koefisien korelasi (r) 0,624 dan nilai koefisien determinasinya (r2) sebesar 0,390 Ini berarti pemahaman materi uang memberikan kontribusi sebesar 39% terhadap minat berwirausaha siswi, sedangkan yang 61% dipengaruhi oleh faktor-faktor. Melihat kepada persamaan regresi Ý= 29,526 + 0,610 X, menunjukkan bahwa setiap ada penambahan nilai pemahaman materi uang, sebanyak 1 maka akan menaikkan nilai dari minat berwirausaha siswi sebesar 0,610.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 09:50
Last Modified: 03 May 2016 09:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item View Item