Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KAMPUNG PANJANG

REGGY FEBRISYAMSI, - (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KAMPUNG PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (910kB)
[img] Text
SKRIPSI REGGY FEBRISYAMSI OK.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Reggy Febrisyamsi, (2020): Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia melalui penerapan strategi pembelajaran team quiz kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 25 orang siswa kelas V, adapun objeknya adalah strategi pembelajaran team quiz dan keaktifan belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, penerapan strategi pembelajaran team quiz terbukti mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sebelum tindakan perbaikan, nilai rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 55% atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 63,37% dan masih berada pada kategori cukup. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat lagi menjadi 78,25% dan sudah berada pada kategori baik. Artinya keaktifan belajar siswa telah meningkat, dengan demikian disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran team quiz pada tema organ gerak hewan dan manusia dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dikelas V sekolah dasar negeri 012 kampung panjang. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Team Quiz, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Dec 2020 04:31
Last Modified: 20 Dec 2020 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31257

Actions (login required)

View Item View Item