Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PERMAINAN PERANG KOBOI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Erlinda Marni (2016) PENERAPAN METODE PERMAINAN PERANG KOBOI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, objek penelitian ini adalah penerapan metode permainan perang koboi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan objeknya adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2015-2016. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa metode permainan perang koboi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam hal ini dapat dilihat sebelum tindakan ketuntasan klasikal siswa yang tuntas adalah 45% atau hanya 9 orang siswa yang tuntas, setelah tindakan pada siklus I ketuntasan klasikal siswa yang tuntas adalah 70% atau terdapat 14 orang siswa yang tuntas, pada siklus II ketuntasan klasikal siswa yang tuntas meningkat 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:58
Last Modified: 22 Mar 2016 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3122

Actions (login required)

View Item View Item