Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-HUSNIYAH PULAU KIJANG

Suyuti (2016) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-HUSNIYAH PULAU KIJANG. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Manajemen Kepala Sekolah Dalam Penerap an Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas Islam AL-Husniyah Pulau Kijang. Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Latar Belakang Masalah dalam tesis ini adalah, pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja sama sebagai keluarga, masyarakat, bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan kata lain pendidikan karakter mengajarkan bangsa ini, pemuda negeri ini, untuk berpikir cerdas sehingga mampu mengatasi berbagai macam masalah baru yang ada, meningkatkan kemampuan untuk berbaur dengan bangsa lain dengan tetap mempertahankan identitas dan budaya bangsanya. Agar terlaksananya proses dan kegiatan belajar megajar yang bisa mengimplementasikan nilai karakter terhadap peserta didik, maka perlu adanya manajemen kepala sekolah dalam penerapan kurikulum dengan baik yang mengarah pada pendekatan penanaman nilai karakter. Atas dasar itu, upaya untuk menanamkan nilai karaketr tersebut termasuk yang diselenggarakan oleh SMA Islam Al-Husniah Pulau Kijang. Masalah yang akan diteliti dalam pembahasan tesis ini menurut penulis perlu melakukan penelitian untuk menjawab beberapa pertanyaan antara lain ; Bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan berkarakter di SMA Islam Al-Husniah Pulau Kijang?. Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan karakter di SMA Islam Al-Husniyah Pulau Kijang? Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualiitatif, hal ini dilakukan untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter terhadap siswa, dan bentuk kegiatan yang digunakan dalam penerapan pendidikan karakter. Tehnik Pengumpulan data yang digunakan, disamping sumber buku primer dan sekunder, penulis juga melakukan wawancara tak berstruktur kepada beberapa pihak, di antaranya kepala sekolah, majlis guru dan tokoh pendidik maupun tokoh masyarakat Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah, manajemen Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter mencakup: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian. Faktor pendukung: komitmen Kepala Sekolah latar belakang pendidikan guru dan keteladanan Kepala Sekolah dan guru. Faktor penghambat: kurangnya kekompakan guru dan adanya pergeseran nilai dimasyarakat. Pendidikan karakter di SMA Islam Al-Husniyah Pulau Kijang dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler, berbentuk kegiatan tadarus Al-Qur’an dan kegiatan muhadhorah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:20
Last Modified: 22 Mar 2016 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item