Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLIKASI UNDANG-UNDANG OTONOMI DAERAH TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DAN MADRASAH DI KABUPATEN SIAK

Ahli Subur (2016) IMPLIKASI UNDANG-UNDANG OTONOMI DAERAH TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DAN MADRASAH DI KABUPATEN SIAK. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Tesis tersebut di tulis dengan latar belakang lahirnya Undang-Undang Otonomi Daerah No. 22 Tahun 1999 yang kemudian diperkuat oleh Undang undang RI No 32 Tahun 2004tentang Pemerintahan Daerah yang merupakan payung hukum bagi pemerintah daerah untuk mengelola pendidikan yang ada di daerahnya secara efektif sehingga menjadi pendidikan yang diunggulkan. Kondisi riil di lapangan sesuai dengan amanah dari undang-undang tersebut menunjukkan bahwa untuk sekolah, seperti SDN, SMPN, SMAN, telah terealisasi dengan baik. Sedangkan untuk pendidikan madrasah masih tetap dikelola oleh pusat, dalam hal ini Kementerian Agama RI. Dengan demikian secara kuantitas jumlah sekolah baik negeri maupun swasta di Kabupaten Siak lebih banyak daripada jumlah madrasah, baik negeri maupun swasta. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka peneliti membuat rumusan masalah berikut ini: 1. Bagaimana implikasi undang-undang otonomi daerah terhadap madrasah dan sekolah di Kabupaten Siak? 2. Apakah dampak positif dan negatif dari kebijakan pemerintahan Kabupaten Siak terhadap madrasah dan sekolah pada era otonomi daerah? Secara metodologis, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research) dengan pengelolaan data secara kualitatif dan menggunakan jenis pendekatan deskriftif, yakni penelitian yang berupaya memberikan gambaran tentang obyek yang diteliti secara mendetail dan mendalam. Dalam penelitian ini yang dijadikan subyek penelitian adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kasi Pendidikan Islam Kabupaten Siak serta beberapa kepala sekolah dan madrasah yang ada di Kabupaten Siak.Sedangkan obyek penelitian adalah Implikasi Undang-Undang Otonomi Daerah Terhadap Pendidikan Madrasah dan Sekolah di Kabupaten Siak. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa implikasi undang undang otonomi daerah No. 22 Tahun 1999 terhadap madrasah dan sekolah di Kabupaten Siak adalah adanya perubahan pengelolaan pendidikan dari yang bersifat sentralistik kepada desentralistik sehingga pemerintah daerah Siak memiliki wewenang penuh dan juga lebih memperhatikan kesejahteraan guru-guru.Lahirnya undang-undang otonomi daerah ini memberikan dampak positif dan negatif khususnya bagi dunia pendidikan di kabupaten Siak. Dampak positifnyaanggaran untuk pendidikan 20% telah terealisasi sesuai amanah undang undang, pemerintah daerah Kabupaten Siak, khususnya Dinas Pendidikan dan Departemen Agama, turut andil dalam memajukan pendidikan di daerahnya. Di samping itu pihak pengelola pendidikan dan masyarakat juga ikut berperan aktif dalam memajukan sekolah dan madrasah. Sedangkan dampak negatifnya munculnya raja-raja kecil dan kurang pemerataan dalam pendidikan, baik infrastruktur maupun outputnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:24
Last Modified: 22 Mar 2016 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3106

Actions (login required)

View Item View Item