Amelia Rahmadhani, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Amelia Rahmadhani, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model guided discovery learning terhadap kemandirian siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya siswa yang masih kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurang dalam kemauan belajar mandiri, dan masih ada siswa yang tidak percaya diri dengan pendapatnya atau gagasannya sendiri. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Only Design With Nonequivalent Group. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Objek penelitian ini adalah penerapan model guided discovery learning terhadap kemandirian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS yang berjumlah 139 orang. Sampel penelitian ini adalah 62 orang siswa kelas XI IIS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena sampel dipilih melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil nilai Thitung yang dihasilkan > nilai Ttabel (2,000 < 4,850 > 2,660) dan nilai signifikasi lebih kecil dari 5% (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa antara kelas yang menerapkan model guided discovery learning dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang. Kata Kunci : Model Guided Discovery Learning, Kemandirian Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 03:40 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 03:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30317 |
Actions (login required)
View Item |