PELAYANAN PADA PT. POS INDONESIA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Anita Fadla, (2016) PELAYANAN PADA PT. POS INDONESIA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Menurut Mimi Chandra, untuk mendapatkan kemudahan dalam memperoleh layanan, ketepatan pelaksanaan pelayanan, mampu melayani secara cepat dan tepat, bertanggung jawab kepada setiap pelanggan sejak awal hingga akhir pelayanan. Namun evaluasi terhadap kualitas pelayanan cenderung lebih rumit, karena kriteria yang digunakan konsumen dalam mengevaluasi kualitas jasa/pelayanan menjadi lebih sulit dipahami oleh pemasar (marketer). Pemberian suatu kualitas jasa/pelayanan tertentu akan menimbulkan penilaian yang berbeda dari setiap konsumen, karena tergantung dari bagaimana konsumen mengharapkan kualitas jasa/pelayanan tersebut. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan di atas, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dan menuangkannya dalam karya ilmiah dengan judul: PELAYANAN PADA PT. POS INDONESIA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu apa saja faktor yang mempengaruhi pelayanan pada PT.Pos Indonesia Pekanbaru, apa saja langkah langkah yang dilakukan PT.Pos Indonesia Pekanbaru dalam hal pelayanan, bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap pelayanan pada PT.Pos Indonesia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan PT.Pos Pekanbaru, dan langkah-langkah yang dilakukan dalam pelayanan, serta untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap pelayanan pada PT.Pos Pekanbaru tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data, dikelompokkan lalu disusun dan dihubungkan dengan teori yang relevan yang berhubungan dengan masalah yang dibahas untuk diambil suatu kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pimpinan/karyawan dan pelanggan. Dan sample ditentukan dengan tekhnik purposive sampling. Hasil penelitian ini ialah beberapa faktor yang mempengaruhi pelayanan pada PT.Pos Pekanbaru adalah sumber daya manusia (tenaga kerja), jaringan (connection), dan sarana. Dan meningkatkan pelayanan dengan melakukan beberapa tahapan diantaranya Meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal sumber daya manusia (tenaga kerja), jaringan (connection), dan sarana.dan juga yang bersifat Tangible, Realibility, Responsiveness, Assurance, Emphaty yang semuanya merupakan dasar – dasar untuk mengukur tingkat pelayanan. Dari sudut pandang ekonnomi islam secara umum dapat disimpulkan bahwa PT Pos Indonesia Pekanbaru dalam memberikan pelayanan sudah sesuai dengan ekonomi islam, yang erat kaitannya dengan Kejujuran, Sopan Santun, Cekatan dan Rajin, Ramah Tamah, Tidak Berburuk Sangka, Tanggung Jawab. Serta sudah menerapkan pelayanan prima yang sesuai dengan syari’ah islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Feb 2016 03:14
Last Modified: 25 Feb 2016 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item