Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REPRESENTASI BUDAYA INDONESIA DALAM VIDEO KOMUNIKASI POLITIK JOKO WIDODO PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2014 (Analisis Semiotika)

Rando Widodo (2016) REPRESENTASI BUDAYA INDONESIA DALAM VIDEO KOMUNIKASI POLITIK JOKO WIDODO PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2014 (Analisis Semiotika). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Video merupakan salah satu sarana komunikasi yang efektif dan memberi pengaruh saat ini karena banyak digunakan di media sosial seperti facebook, youtube, dan instagram. Penggunaan video sebagai sarana komunikasi oleh Joko Widodo pada pemilihan presiden tahun 2014 dengan menggunakan simbol-simbol budaya Indonesia untuk mendekatkan diri dan mendapat perhatian serta dukungan dari masyarakat Indonesia. penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna sesungguhnya dari simbol budaya yang digunakan dalam video komunikasi politik Joko Widodo. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika model Roland Barthes. Data primer diperoleh dari video komunikasi Politik Joko Widodo pada pemilihan presiden tahun 2014 dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan artikiel-artikel yang mendukung penelitian ini. Dari hasil analisis dengan menggunkan indikator budaya Indonesia berupa rumah adat, pakaian adat, tari tradisional, seni budaya Indonesia, dan bahasa daerah. Peneliti berkesimpulan representasi budaya Indonesia yang ditampilkan secara denotasi yaitu budaya berbentuk fisik, kegiatan budaya di dalam masyarakat, dan karya seni. Secara konotasi berupa cara untuk mendekatakan diri oleh Joko Widodo kepada masyarakat Indonesia. Kata Kunci : Representasi Budaya Indonesia, Video Komunikasi Politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Feb 2016 04:55
Last Modified: 24 Feb 2016 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item View Item