Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Intelektual, dan Spiritual Terhadap Tingkat Kualitas Pemahaman Perbankan Syariah Dengan Minat Bekerja di Bank Syariah Sebagai Variabel Moderating Pada Siswa SMK Jurusan Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru

Robi Sandra (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Intelektual, dan Spiritual Terhadap Tingkat Kualitas Pemahaman Perbankan Syariah Dengan Minat Bekerja di Bank Syariah Sebagai Variabel Moderating Pada Siswa SMK Jurusan Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017163ES-S2Cover.pdf

Download (256kB)
[img] Text
2. 2017163ES-S2PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. 2017163ES-S2Abstrak.pdf

Download (491kB)
[img] Text
4. 2017163ES-S2KATA PENGANTAR.pdf

Download (279kB)
[img] Text
5. 2017163ES-S2DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
6. 2017163ES-S2BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
7. 2017163ES-S2BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
8. 2017163ES-S2BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
9. 2017163ES-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
10. 2017163ES-S2 BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
11. 2017163ES-S2Daftrar Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peran signifikan dan bahkan merupakan pranata utama dalam penyiapan Sumber Daya Manusia. SMK Jurusan Perbankan Syariah adalah salah satu lembaga pendidikan yang akan melahirkan dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia Perbankan Syariah. Sesuai visinya menghasilkan lulusan yang mampu dan siap bekerja dalam bidang Perbankan Syariah. Maka dari itu dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang betul-betul memahami Perbankan syariah yang baik secara teori maupun praktiknya serta didukung dengan kemampuan emosional, intelektual, spiritual serta minat. Siswa yang kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual serta minat yang tinggi akan berdampak positif memudahkan siswa dalam memahami Perbankan Syariah. Lulusan siswa SMK Jurusan Perbankan Syariah nantinya akan menjadi para profesional di bidang keuangan syariah apabila dapat mengelola kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual serta minat terhadap Perbankan Syariah yang baik, maka mereka akan dapat lebih mudah memahami Perbankan Syariah. Keempat variabel ini dianggap mampu untuk mendukung tingkat kualitas Pemahaman Ilmu Perbankan Syariah seorang siswa, dengan demikian penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual serta minat bekerja siswa di bank syariah sebagai moderasi dalam memahami ilmu Perbankan Syariah. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Jurusan Perbankan Syariah yang ada di Kota Pekanbaru berjumlah 82 orang. Penulis mengambil responden dengan Metode Sensus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research, yang akan menjelaskan hubungan kausal antara variabel independen tersebut terhadap variabel dependen dengan satu variabel pemoderasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan data sekunder. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis yaitu analisis dengan menggunakan Uji Regresi Linear Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kualitas pemahaman Perbankan Syariah siswa. Artinya dengan kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual yang baik maka siswa akan lebih mudah memahami tentang Perbankan Syariah, (2) Minat tidak mampu memperkuat pengaruh kecerdasan emosional pada tingkat kualitas pemahaman Perbankan Syariah secara positif dan signifikan. (3)Minat tidak mampu memperkuat pengaruh kecerdasan intelektual pada tingkat kualitas pemahaman Perbankan Syariah secara positif dan signifikan. (4) Minat mampu memperkuati pengaruh kecerdasan spiritual pada tingkat kualitas pemahaman Perbankan Syariah secara positif dan signifikan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:58
Last Modified: 17 Feb 2020 04:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25965

Actions (login required)

View Item View Item