Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 AMPAR

NUR ANNISAH, - (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 AMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Annisah, (2019): Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaraan Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada pemahaman siswa di kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan pemahaman siswa di kelas yang menggunakan strategi pembelajaran langsung di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyak siswa yang tidak bisa menyimpulkan materi yang sedang dipelajari, siswa yang tidak bisa menjelaskan kembali materi yang sedang dipelajari dan siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X sebanyak 144 orang sedangkan sampel adalah siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial 1 dan X Ilmu Pengetahuan Sosial 2 dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes “t”. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji hipotesis dengan uji t yang menunjukkan dengan taraf signifikan 5% (1,994) atau thitung > ttabel atau 5,4521 > 1,994 dengan demikian H_o ditolak dan H_a diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman siswa di kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan pemahaman siswa di kelas yang menggunakan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe, The Power of Two, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:18
Last Modified: 04 Feb 2020 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25788

Actions (login required)

View Item View Item