Muhammad Nuris (2017) Relevansi Tujuan Pembelajaran PAI Sekolah Menengah Pertama (SMP ) dengan Pembentukan Karakter. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 201776PAI-S2COVER.pdf Download (262kB) |
|
Text
2. 201776PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
3. 201776PAI-S2ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (308kB) |
|
Text
4. 201776PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (271kB) |
|
Text
5. 201776PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) |
|
Text
6. 201776PAI-S2BAB I.pdf Download (337kB) |
|
Text
7. 201776PAI-S2BAB II.pdf Download (469kB) |
|
Text
8. 201776PAI-S2BAB III.pdf Download (269kB) |
|
Text
9. 201776PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
|
Text
10. 201776PAI-S2BAB V.pdf Download (261kB) |
|
Text
11. 201776PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
Abstract
Pendidikan karakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian, dan teknik-teknik menjawabnya. Pendidikan karakter memerlukan pembiasaan. Pembiasaan untuk berbuat baik, pembiasaan untuk berlaku jujur, ksatria, malu berbuat curang, malu bersikap malas, malu membiarkan lingkungannya kotor. Karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius dan proporsional agar mencapai bentuk dan kekuatan yang ideal, dewasa ini sering kita mendengar buruknya karakter siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP ) dengan berbagai kasus-kasus pelanggaran Karakter yang terjadi, penanaman nilai karakter terhadap siswa terkadang hanyalah sekedar teori, tapi dalam prakteknya banyak lembaga pendidikan yang mengabaikannya, ditambah lagi dengan minimnya pendidikan keagamaan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI ) yang hanya 2 jam pelajaran dalam seminggu. Hal ini tentunya tidak relevan pembentukan karakter dengan tujuan Pendidikan Agama Islam dan tujuan Pendidikan Nasional yang diharapkan, oleh karena itu perlu dianalisis relevansi tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP dengan pembentukan karakter, Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui Relevansi Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP ) dengan Pembentukan Karakter Untuk menjawab masalah tersebut penulis menggunakan Penelitian kepustakaan atau library research. Dalam penelitian ini hal yang dilakukan adalah mengumpulkan data melalui sumber primer yaitu Kurikulum PAI SMP dan bukubuku tentang pendidikan Karakter, Adapun teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan langkah-langkah, yaitu : Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya Relevansi tujuan pembelajaran PAI SMP dengan pembentukan karakter dapat dilihat dari dua sisi, yaitu pertama dari sisi perencanaan pembelajaran (silabus) sudah terlihat dan dicantumkan karakter yang diharapkan dari masing-masing materi yang akan diajarkan. Kedua Nilainilai karakter yang relevan dengan tujuan pembelajaran PAI SMP adalah: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan Tanggung jawab
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 04:59 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 04:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24768 |
Actions (login required)
View Item |