Tri Mardhayani (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SEBUTKAN BERSAMA-SAMA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 85 RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi perpangkatan dan akar sederhana pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 85 Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa sebelum diterapkan strategi sebutkan bersama-sama dan untuk mengetahui apakah melalui strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 85 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 34 orang. Adapun objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui strategi sebutkan bersama-sama. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan nilai rata-rata sebesar 63,97 tergolong dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan klasikal 23,52% yang berada pada kategori tidak baik. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, pada siklus I pertemuan pertama dan kedua, ketuntasan siswa mencapai rata-rata 75 yang tergolong dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 52,94% yang masih berada dalam kategori kurang baik. Pada siklus II pertemuan ketiga dan keempat mencapai rata-rata sebesar 84,41 yang tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase ketuntasan klasikal sudah mencapai 79,41% yang tergolong ke dalam kategori sangat baik. Artinya, penelitian ini sudah dikatakan berhasil, karena standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu 75% telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 Feb 2016 04:06 |
Last Modified: | 11 Feb 2016 04:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2459 |
Actions (login required)
View Item |