PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA SATRIA PEKANBARU

Siti Nurhayati, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA SATRIA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Taruna Satria Pekanbaru, sehingga peneliti memberikan solusi kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran SFE (student facilitator and explaining). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara motivasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai observer sedangkan guru yang menerapkan model pembelajaran tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa diantara ke dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan motivasi belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X MO di SMK Taruna Satria Pekanbaru. Hal ini terlihat dari uji tes t yaitu > pada taraf signifikan 5% maupun 1% (2,067 < 4,158 > 2,803) yang berarti penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap motivasi belajar siswa dari hasil perhitungan uji pengaruh (effect size) sebesar 0,9 yang termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 Feb 2016 08:22
Last Modified: 10 Feb 2016 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item