PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Reza Yulia, (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA N 1 Rambah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Rambah? Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan Posttest-only Desygn whit Nonequivalent Group. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah, sedangkan objek penelitian adalah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran aktif tipe peer lessons. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambah. Sampel penelitian ini diambil dua kelas dengan teknik sampling purposive yaitu kelas Xa sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan Xe sebagai kelas kontrol berjumlah 35 orang. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan tehnik observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan teknik statistik deskriptif dan data statistik inferensial dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai aktifitas siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,786 > 2,000 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berartiterdapat pengaruh yang signifikan antara Strategi Pembelajaran Aktif tipe Peer Lessons terhadap aktifitas siswa pada materi ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Feb 2016 08:00
Last Modified: 09 Feb 2016 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item