Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI MENJADI KRITIKUS TAYANGAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZ-ZUHRA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Meiliza Sari (2016) PENERAPAN STRATEGI MENJADI KRITIKUS TAYANGAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZ-ZUHRA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan penerapan strategi menjadi kritikus tayangan video. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi menjadi kritikus tayangan video untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Az-Zuhra Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Az-Zuhra dan siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Az-Zuhra tahun pelajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi menjadi kritikus tayangan video untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data peneliltian ini adalah dengan menggunakan teknik analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada sebelum tindakan yaitu 38,33% dengan kategori “gagal” karena berada pada rentang 0- 49%. Artinya aktivitas belajar siswa sebelum tindakan jauh di bawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kemudian seteleh menerapkan strategi menjadi kritikus tayangan video pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 62,15% dengan kategori “cukup” karena berada pada rentang 60%-69%. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa semakin meningkat menjadi 76,21% dengan kategori “baik” artinya, sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 82,42% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan penerapan srtategi menjadi kritikus tayangan video dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Az-Zuhra Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:08
Last Modified: 05 Feb 2016 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2413

Actions (login required)

View Item View Item