Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS AS-SYAFI’IYAH KECAMATAN PENDALIAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

Lisdianti (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS AS-SYAFI’IYAH KECAMATAN PENDALIAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learningtipe MASTERterhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah As-Syafi’iyah Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah As-Syafi’iyah Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. As-Syafi’iyah Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 93 siswa sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 22 siswa (sebagai kelas eksperimen) dan siswa kelas VIIID yang berjumlah 22 siswa (sebagai kelas Kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung selama lima kali pertemuan, yang terdiri atas empat kali pertemuan dengan diterapkan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai = 4,12 lebih besar daripada pada taraf signifikan 5% sebesar 2,07maupun pada taraf 1% sebesar 2,82 atau 4,12 ≥ 2,07 ≥ 2,82. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa adapengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs. As-Syafi’iyah Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Feb 2016 04:21
Last Modified: 05 Feb 2016 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2405

Actions (login required)

View Item View Item