PENERAPAN STRATEGI SMALL GROUP WORK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU

Dusi Saputri, (2016) PENERAPAN STRATEGI SMALL GROUP WORK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui Penerapan Strategi Small Group Work di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Pagaran Tapah Darussalam Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Dalam pembelajaran Matematika terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Banyaknya nilai siswa yang tidak tuntas dari KKM yang telah ditentukan yaitu 68. Hal ini terbukti dari terdapat 8 orang siswa dari 21 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan. Agar peneliti lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tindakan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif. Sebelum tindakan diperoleh rata-rata 63,43% berada pada interval kurang dari 65% dengan kategori kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan strategi small group work pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 66,43% berada pada interval 65%-70% dengan kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 78,71% berada pada interval 71%-84% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi small group work dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Pagaran Tapah Darussalam Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:24
Last Modified: 03 Feb 2016 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item