Rina Ristiyani (2017) Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Software Camtasia untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa di MA Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 201751PBA-S2 COVER.pdf Download (280kB) |
|
Text
2. 201751PBA-S2 PENGESAHAN PENGUJI (SCAN).pdf Download (308kB) |
|
Text
3. 201751PBA-S2 kata pengantar.pdf Download (299kB) |
|
Text
4. 201751PBA-S2 DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) |
|
Text
5. 201751PBA-S2 ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (356kB) |
|
Text
6. 201751PBA-S2 BAB I.pdf Download (357kB) |
|
Text
7. 201751PBA-S2 BAB II.pdf Download (755kB) |
|
Text
8. 201751PBA-S2 BAB III.pdf Download (378kB) |
|
Text
9. 201751PBA-S2 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text
10. 201751PBA-S2 BAB V.pdf Download (309kB) |
|
Text
11. 201751PBA-S2 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Dengan menggunakan desain eksperimen Pretest–Posttest None Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Software Camtasia dalam Pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa kelas XI MA Pesantren Teknologi Riau. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penerapan Media Software Camtasia dalam Pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa kelas XI MA Pesantren Teknologi Riau ?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Pesantren Teknologi Riau dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A dengan jumlah 24 siswa dan kelas XI B dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu, cara demikian dilakukan apabila anggota populasi dianggap homogen. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A dan kelas XI B MA Pesantren Teknologi Riau dan objeknya adalah Penerapan Media Software Camtasia dalam Pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa kelas XI MA Pesantren Teknologi Riau. Dengan cara pengumpulan data: (1) observasi dan (2 ) tes. Sedangkan untuk menganalisa data observasi, peneliti f menggunakan rumus: Dan untuk menganalisa data tes, peneliti % 100 menggunakan Program SPSS dan rumus: ∑ to = √ Adapun hasil dari analisis data yang diperoleh tentang Penerapan Media Software Camtasia dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa kelas XI MA Pesantren Teknologi Riau berdasarkan hasil observasi diperoleh 90% berarti “Baik Sekali” dari tingkatan 81100%. Dan berdasarkan hasil tes dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media Software Camtasia dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa kelas XI MA Pesantren Teknologi Riau berdasarkan hasil hitung menggunakan statistik dengan yaitu; nilai To = 5.36 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.81 dan taraf signifikansi 5% = 2.07. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penerapan Media Software Camtasia dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan kemahiran menyimak siswa kelas XI MA Pesantren Teknologi Riau. Dan berdasarkan hasil hitung menggunakan SPSS dengan Uji Mann-Whitney yaitu; p-value = 0.0125 ini lebih kecil dari α = 0.05 maka ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 03:07 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 03:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23725 |
Actions (login required)
View Item |