PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU

Asmuliadi, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tandun, Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dan siswa SMA Negeri 1 Tandun Kab. Rokan Hulu. Objek penelitiannya adalah pengaruh pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA N 1 Tandun Kabupaten Rokan Hulu, yang terdiri dari 3 lokal dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 52 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hasil tersebut berdasarkan nilai r hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% sebesar 0,306 atau (0,273< 0,543> 0, 354). Besarnya pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah 29,5% sedangkan sisanya sebesar 70,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Feb 2016 07:28
Last Modified: 02 Feb 2016 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2340

Actions (login required)

View Item View Item