Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KOMUNIKATIF DENGAN PERMAINAN DO-MI-KADO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM SERESAM, KABUPATEN INDRAGIRI HULU

LAILATUL ADHIYAH, 11512201357 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KOMUNIKATIF DENGAN PERMAINAN DO-MI-KADO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM SERESAM, KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (bab IV dan atau bab V).pdf

Download (21MB)
[img] Text
File hasil penelitian (bab IV dan atau bab V).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lailatul Adhiyah, (2019): Efektivitas Penerapan Metode Komunikatif dengan Permainan Do-Mi-Kado Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode komunikatif dengan permainan Do-Mi-Kado untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode komunikatif dengan permainan Do-Mi-Kado efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel siswa kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas II A dan II B Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu. Objek penelitian ini adalah Efektivitas Penerapan Metode Komunikatif dengan Permainan Do-Mi-Kado Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan metode komunikatif dengan permainan Do-Mi-Kado efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu. Karena nilai To = 4,07 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,72 dan taraf signifikansi 5% = 2,02. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, penerapan metode komunikatif dengan permainan Do-Mi-Kado efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu. Kata Kunci : Efektifitas, Metode Komunikatif, Permainan Do-Mi-Kado, Kemampuan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:12
Last Modified: 18 Nov 2019 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22552

Actions (login required)

View Item View Item