Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA

SHERLY WULANDARI, 11417203397 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sherly Wulandari, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pada penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi termokimia pada kelas XI. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Experimental) dengan rancangan penelitian posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Dengan teknik pengambilan sampel Sampling Purposive diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 3,89 dan ttabel = 2,00 dengan α= 0,05 dk = 70. Thitung > ttabel yaitu 3,89 > 2,00 artinya H1 diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh terhadap hasil belajar pada penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) menggunakan metode eksperimen pada materi termokimia kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru, dan besar pengaruhnya adalah 17,77 %. Kata kunci: POE, eksperimen, hasil belajar, termokimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:43
Last Modified: 29 Oct 2019 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21744

Actions (login required)

View Item View Item