Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 DUSUN PELANDUK KECAMATAN KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU

AGUS PUTRI AYU, 11318201380 (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 DUSUN PELANDUK KECAMATAN KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Dusun Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu.” Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Posttest Only Desain With Nonequivalent Group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Dusun Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 40 siswa. Hasil uji homogenitas populasi menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda atau kemampuan dasar yang sama (homogen). Sampel dipilih secara acak sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu dengan test “t” Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata plajaran matmatika, hal ini dapat diketahui bahwa thitung = 2,738 berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% dengan df=40. Dengan df diperoleh dari ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,72. Ini berarti thitung > ttabel, maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Dusun Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu 16,47%. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:04
Last Modified: 17 Oct 2019 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item