Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SC IENT IF IC UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU

RAJA PUTRI INTAN JUNITA, 11315204286 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SC IENT IF IC UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan scientific yang valid, praktis, dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah dosen dan guru sebagai subjek validitas serta 6 peserta didik kelompok kecil dari kelas VII.5 dan 35 peserta didik dari kelas VII.6 MTsN Bukit Raya Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis pendekatan scientific. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKPD yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (82,6%), dan sangat praktis berdasarkan penilaian dari peserta didik kelompok kecil (81,5%) dan penilaian dari peserta didik kelompok terbatas (83,1%), sedangkan pemahaman konsep matematis peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis pendekatan scientific termasuk kategori tinggi (82,8%). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKPD berbasis pendekatan scientific yang dikembangkan telah valid, praktis, dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: LKPD, Pendekatan Scientific, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:58
Last Modified: 10 Oct 2019 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item View Item