RAJA PUTRI INTAN JUNITA, 11315204286 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SC IENT IF IC UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (771kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (508kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan scientific yang valid, praktis, dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah dosen dan guru sebagai subjek validitas serta 6 peserta didik kelompok kecil dari kelas VII.5 dan 35 peserta didik dari kelas VII.6 MTsN Bukit Raya Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis pendekatan scientific. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKPD yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (82,6%), dan sangat praktis berdasarkan penilaian dari peserta didik kelompok kecil (81,5%) dan penilaian dari peserta didik kelompok terbatas (83,1%), sedangkan pemahaman konsep matematis peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis pendekatan scientific termasuk kategori tinggi (82,8%). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKPD berbasis pendekatan scientific yang dikembangkan telah valid, praktis, dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: LKPD, Pendekatan Scientific, Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 07:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 07:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21222 |
Actions (login required)
View Item |