Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN TUGAS GURU DALAM PENGELOLAAN PENGAJARAN BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN HULU KUANTAN

RICE JUSLIANI, 11311206178 (2017) PELAKSANAAN TUGAS GURU DALAM PENGELOLAAN PENGAJARAN BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN HULU KUANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa setiap guru memiliki kemampuan berbeda dalam pengelolaan pengajaran sehingga cara yang dilakukan oleh guru satu dan guru lainnya berbeda dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tugas guru dalam pengelolaan pengajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Hulu Kuantan dan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi pelaksanaan tugas guru dalam pengelolaan pengajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Hulu Kuantan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April bertempat di SMA Negeri 1 Kecamatan Hulu Kuantan. Subjek penelitian ini adalah guru, sedangkan objek penelitian yakni pelaksanaan tugas guru dalam pengelolaan pengajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bersifat Deskriptif Kuantitatif dengan Persentase, untuk pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan yakni teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Untuk mengetahui pelaksanaan tugas guru dalam pengelolaan pengajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Hulu Kuantan data yang diperoleh dari observasi selanjutnya dianalisis dengan rumus Persentase P = F x 100, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya N dianalisis dengan cara menguraikan kembali data yang dikumpulkan dalam bentuk Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Pelaksanaan Tugas Guru dalam Pengelolaan Pengajaran Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Hulu Kuantan tergolong “Kurang Optimal” karena Skor 66,67% berada pada rentang 50%-75%, kemudian adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tugas guru dalam pengelolaan pengajaran bidang studi pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Hulu Kuantan yakni waktu, siswa, penguasaan materi, pola pembelajaran serta Lingkungan belajar. Namun faktor yang lebih dominan yakni faktor waktu yakni 83,33 %, kemudian Lingkungan belajar 58,33 %, Pola Pembelajaran 50 %, penguasaan materi 41,67 % dan Siswa 33,33 % Kata Kunci : Pelaksanaan tugas guru, pengelolaan pengajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 01 Oct 2019 08:05
Last Modified: 01 Oct 2019 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20988

Actions (login required)

View Item View Item