Repsi Desrijayanti, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BATANG PERANAP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
14. BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari variabel Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (X), dan variabel Mutu pendidikan (Y). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat korelasi Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, tingkat Mutu Pendidikan, dan mengetahui pengaruh positif yang signifikan antara Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Yang berjumlah 32 orang, karena jumlahnya 32 orang maka seluruh populasi dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil dan analisis data variabel X dan variabel Y ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% (0.3494) dan 1% (0,2960) yang dibuktikan dari hasil yang dinyatakan nilai r hitung (0,750). Sedangkan hasil pada data koefisien regresi linier diperoleh r (pearson correlation) 0,750 dengan probabilitas 0,000 oleh karena pobabilitas lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, artinya Ha diterima yaitu ada pengaruh yang positif yang signifikan antara Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Berdasarkan koefisien determinasi diperoleh nilai r (square) yaitu 0,563 maka diperoleh hasil 56% artinya sumbangan variabel pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap sebesar 56% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Karena koefisien korelasinya positif maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, maka baik pula Mutu Pendidikan. Atau Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah berkontribusi terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan sebesar 56% di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Kata Kunci: Pengaruh, Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 07:04 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 07:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20910 |
Actions (login required)
View Item |