Dika Pratama, - (2019) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA PENGGUNAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DENGAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-USWAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Cover.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (845kB) | Preview |
|
|
Text
PENGHARGAAN.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian komparasi pada sampel kecil yang tidak berkorelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara penggunaan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan dengan Kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu AlUswah Kampar. Sedangkan objek penelitian adalah perbandingan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara penggunaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan Kurikulum 2013. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII untuk Kurikulum 2013 yang berjumlah 18 orang dan kelas VIII untuk KTSP yang berjumlah 18 orang. Karena populasi relatif kecil maka penelitian dilakukan kepada seluruh populasi disebut juga dengan sampling jenuh atau sensus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji “t” untuk sampel kecil yang tidak berkorelasi. Berdasarkan hasil dan analisis data variabel X dan variabel Y dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima yang dibuktikan dari hasil perhitungan nilai thitung yaitu 3,053 yang mana lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% atau 2,042 < 3,053 > 2,750 dengan demikian H0 ditolak. Berarti terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara penggunaan Kurikulum tingkat Satuan pendidikan dengan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Uswah Kampar. Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum 2013 |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 05:09 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 05:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20900 |
Actions (login required)
View Item |