Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU

Gustina Widya Sari, - (2019) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs di Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga dengan siswa yang belajar tidak menggunakan metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII Fatimah seabagai kelas Eksperimen dan kelas VIII Aisyah sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lemba robservasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan tes “t” menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang signifikan antara metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga dengan tanpa metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga. Diperoleh nilai thitung sebesar 2,8546 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,005 maka thitung > ttabel atau 2,8546 > 2,005. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:49
Last Modified: 30 Sep 2019 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20894

Actions (login required)

View Item View Item